Selasa, 08 November 2016

Proses Rekrutmen PT. BCA Kantor Pusat

Halo..

Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang proses rekrutmen yang saya jalani cukup panjanggggg di PT. BCA. Awal mula daftar di BCA karena ikutan Job Fair di Untar pada awal bulan Maret 2016. Waktu itu ngelamar di BCA untuk posisi Junior Business Analyst. Perlu diketahui proses rekruitmen di BCA sendiri terdiri dari tahap seleksi administrasi, tahap psikotes, tahap interview psikolog, tahap interview HRD, tahap interview user, medical check up sampai pada penandatanganan kontrak. Check it out for more details.

Tahap seleksi administrasi (Awal bulan Maret 2016)
Pada tahap ini karena saya daftar via Job Fair, maka kita hanya perlu mengisi data yang dibutuhkan pada tab yang sudah disediakan di booth BCA. Kemudian setelah mengisi data yang diperlukan, kita mengisi posisi apa yang akan di apply. Waktu itu saya memilih posisi Junior Business Analyst. Dan kata mereka tunggu sekitar 3 minggu untuk proses selanjutnya.

Tahap psikotes + interview psikolog (Akhir bulan Maret 2016)
Sekitar akhir bulan Maret 2016, saya dapat email sekaligus SMS yang menyampaikan bahwa saya lolos tahap administrasi dan berhak mengikuti tahap psikotes yang diadakan di Jakarta Design Centre. Akhirnya pada akhir bulan Maret saya mengikuti proses psikotes yang memakan waktu 1 hari. Psikotes dimulai pukul 08.30 dimana disini digunakan sistem gugur. Untuk tahap psikotes 1 seperti psikotes biasa ada soal deret angka, persamaan kata dan tes Pauli. Jika lolos tahap psikotes 1, akan langsung dilanjutkan ke tahap psikotes 2. Saya lolos untuk tahap psikotes 1, dan lumayan banyak juga yang tidak lolos sehingga langsung pulang. Untuk tahap psikotes 2 yaitu tes kepribadian seperti menggambar pohon, menggambar orang dan wartegg test. Saya sedang menggambar pohon kemudian tiba-tiba dipanggil nama saya oleh psikolog. Ternyata saya orang pertama yang interview psikolog oleh seorang ibu-ibu. Pertanyaan tes psikolog ini cuman seputar kegiatan kampus dan keseharian kita. Setelah selesai tes psikolog, saya dipersilahkan untuk makan siang. Teman-teman lain ternyata sudah makan siang terlebih dahulu pada saat saya tes psikolog. Kemudian setelah makan siang, saya melanjutkan tes kepribadian yang tadi. Dan setelah itu dikumpulkan ke panitia. Setelah dikumpulkan ke panitia, kita dipersilahkan untuk pulang dan menunggu pengumuman paling lama 1 bulan.

Tahap interview HRD (Pertengahan bulan April 2016)
Setelah 2 minggu lebih menunggu, akhirnya pada pertengahan bulan April 2016 saya ditelepon oleh pihak BCA untuk mengikuti interview HRD di Wisma Asia 2, Slipi. Pada saat saya datang, sudah ada 1 orang lain yang menunggu juga. Ternyata dia kebagian jam 08.30 sementara saya jam 09.00. Saya melapor ke satpam yang menjaga pada saat itu dan ditanya apakah sudah mengisi form. Karena saya dihubungi via telepon, bukan via email maka saya tidak mendapatkan form yang dimaksudkan. Akhirnya pak satpam memberikan form BCA yang berlembar-lembar banyaknya untuk diisi. Jadi saya menunggu interview sebelumnya dengan mengisi form yang ada. Untung saya datang lebih awal jadi bisa mengisi form tersebut. Akhirnya pada jam 09.00 saya dipanggil untuk interview HRD. Pertanyaan seputar interview kurang lebih seperti interview psikolog, hanya menanyakan seputar kegiatan sehari-hari di kampus. Tapi ada tambahan ditanyakan juga seputar pengisian form yang kita tulis sebelumnya. Pada saat interview, ibu tersebut bertanya kepada saya, kenapa gemetaran jawabnya? Saya bilang aja dingin bu ruangannya. Dan ibu tersebut tertawa. Pada akhir interview, saya dibilang oleh ibu tersebut untuk interview selanjutnya harus lebih percaya diri ya. Akhirnya saya pulang sekitar pukul 09.30 dan katanya ditunggu info paling lama 2 minggu.

Tahap interview User (Akhir bulan April 2016)
Pada akhir bulan April 2016, saya ditelepon BCA untuk mengikuti interview user yang diadakan di Menara BCA, Grand Indonesia lantai 17. Saya sangat senang mendapat telepon dari BCA karena berarti saya lolos ke tahap selanjutnya. Waktu itu interview dilakukan pukul 14.00 akan tetapi user nya belum datang karena ada urusan, jadi user nya diganti. Saya di interview oleh seorang bapak dan ibu. Interview ini saya rasa interview terberat karena dilaksanakan hampir 2 jam. Saya ditanya habis-habisan oleh usernya. Karena saya melamar untuk posisi Junior Business Analyst maka mereka mau melihat kemampuan analisa saya sebaik mungkin. Pada akhir interview, saya merasa kurang puas dengan jawaban-jawaban saya dan hanya berpasrah saja.

Tahap interview User 2 (Akhir bulan Juni 2016)
Karena BCA tidak ada kabar, saya akhirnya memutuskan untuk bekerja di salah satu perusahaan yang terletak di Kuningan. Pada saat pagi-pagi sedang bekerja, saya ditelepon oleh BCA, waktu itu bulan Juni. Saya ditelepon untuk melakukan interview user lagi. Awalnya ditelepon saya sangat senang karena saya kira ini panggilan untuk medical check up. Ternyata panggilan untuk interview user lagi. Waktu itu saya ditelepon hari Jumat dan interview user akan diadakan hari Senin jam 10. Saya langsung mengiyakan. Jadi pada hari Senin saya izin masuk kerja setengah hari saja. Hari Senin jam 09.30 saya sudah sampai di Menara BCA, Grand Indonesia lantai 25. Waktu itu saya diinterview juga oleh 2 orang yaitu bapak dan ibu. Ternyata posisi yang ditawarkan bukan Junior Business Analyst melainkan di bagian kredit. Selama interview, yang bertanya hanyalah Ibu tersebut melainkan sang Bapak hanya diam sambil membaca form penilaian dari BCA melalui tes-tes sebelumnya tentang saya. Ibu tersebut bertanya apakah sudah pernah interview sebelumnya, saya akhirnya bilang sudah waktu itu sekitar akhir bulan April 2016 di lantai 17. Ibu tersebut bilang oh kalau sudah lama tidak ada kabar, berarti anda tidak lolos untuk posisi tersebut. Tapi selama belum mendapat kabar dari pihak BCA maka masih ada kesempatan untuk anda bekerja di perusahaan ini. Buktinya anda dipanggil untuk interview saat ini. Proses interview saat ini tidak se detail interview user sebelumnya dan hanya memakan waktu sekitar setengah jam. Pada akhir interview saya bertanya berapa lama pengumuman untuk tahap selanjutnya, dia bilang secepatnya. Ada 4 orang yang akan saya interview termasuk anda. Maka saya hanya berharap dan melanjutkan perjalanan kembali ke kantor di Kuningan.

Tahap interview User 3 (17 Oktober 2016)
Setelah menunggu sekian lama, sekitar bulan Agustus 2016 saya memutuskan untuk resign dari kantor saya di Kuningan dan memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Sekitar 1 bulan saya berada di kampung halaman saya dan akhirnya pada pertengahan bulan September 2016 saya memutuskan untuk balik lagi ke Jakarta berhubung ada panggilan kerja. Selama di Jakarta saya mengikuti setiap proses rekrutmen oleh perusahaan yang memanggil saya. Tiba-tiba pada sore hari tanggal 13 Oktober 2016, saya ditelepon oleh BCA. Saya sangat senang sekali dipanggil untuk interview user yang ketiga kalinya. Kali ini tempatnya di Wisma Asia 1, samping Wisma Asia 2 tempat saya interview HRD dulu di Slipi. Walaupun saya tau kalau saya interview user disitu, otomatis penempatan saya di Slipi bukan di GI. Padahal saya mengharapkan untuk bekerja di BCA GI karena dekat dengan tempat tinggal saya. Tapi tidak apa-apa, selama panggilan dari BCA saya langsung mengiyakan. Proses interview user dilaksanakan hari Senin tanggal 17 Oktober 2016. Waktu itu dari jam 8 lewat saya sudah tiba di tempat. Tepat jam 09.00 saya diajak masuk oleh seorang bapak, saya dituntun ke suatu ruangan, sepertinya ruangan atasan di divisi tersebut. Pada saat sampai di ruangan, saya terkejut, karena bukan lagi 2 orang user yang menginterview saya, melainkan 4 orang user sekaligus, diantaranya 3 orang ibu-ibu dan 1 orang bapak. Saya semakin gugup, tapi saya meyakinkan diri saya sendiri bahwa mungkin ini kesempatan terakhir yang BCA berikan kepada saya karena ini sudah interview user yang ketiga kalinya. Jadi saya harus semaksimal mungkin meyakinkan user yang ada untuk memilih saya. Selama proses interview mereka mengatakan, saya latar belakangnya Teknik Industri, mengapa memilih bank. Terus mereka bertanya bagaimana jika ilmu yang selama ini didapatkan di Teknik Industri tidak terpakai sama sekali dalam pekerjaan karena pekerjaan disini menyangkut administrasi. Saya hanya berusaha menjawab setiap pertanyaan sesuai apa yang ada di benak saya. Mereka mengatakan ada 2 kandidat untuk posisi ini. Berarti ada 1 saingan saya. Saya berusaha menjawab semaksimal mungkin dan percaya diri. Saya belajar dari kegagalan-kegagalan yang saya alami di proses interview user sebelumnya. Dari raut wajah mereka pada saat saya salaman terakhir sebelum pulang sepertinya mereka puas dengan jawaban saya. Ya semoga ini menjadi tahap interview user terakhir untuk saya.

Tahap Medical Check Up (20 Oktober 2016)
Pada pagi hari tanggal 19 Oktober 2016, saya mendapat telepon dari BCA. Saya yakin ini telepon untuk panggilan medical check up. Waktu itu posisi saya sementara naik gojek. Jadi dengan suara samar-samar, saya mendengar mba2 yang menelepon saya. Waktu itu saya dipanggil untuk medical check up pada 20 Oktober 2016, dia bertanya untuk alamatnya mau dicatat saja apa dikirim via email. Berhubung saya lagi di gojek, maka saya bilang untuk dikirimkan via email saja. Akhirnya pada tanggal 20 Oktober saya pergi ke Indofood Tower untuk medical check up di Klinik Miracle. Pada saat saya sampai disitu, saya melapor ke bagian receptionist untuk medical check up dan ternyata sudah ada nama saya yang tertera disitu dengan posisi Staff HCMD. Proses medical check up tidaklah lama, tergantung antrian saat itu. Ternyata banyak juga yang proses medical check up disitu, tidak hanya dari BCA tapi juga ada dari bank-bank yang lain. Medical check up yang dilakukan yaitu tes kesehatan oleh dokter umum seperti tensi, tes buta warna, tes penglihatan. Kemudian saya menuju tes rontgen. Dan terakhir pemeriksaan darah. Kata suster disitu hasil medical check up keluar sekitar 3 hari kerja. Karena saya tes hari Kamis, kemungkinan hari Selasa baru keluar hasilnya. Tapi untuk pengumumannya semua tergantung dari pihak perusahaan masing-masing.

Tahap Penandatanganan Kontrak (8 November 2016)
Setelah menunggu lebih dari seminggu dan tidak ada kabar, saya mulai was-was apakah saya ada masalah dengan kesehatan. Pada hari Senin, saya menelepon pihak BCA untuk menanyakan berapa lama pengumumannya. Pihak BCA mengatakan untuk menunggu dan mereka pasti akan memberi kabar untuk hasilnya. Saya akhirnya pasrah dan menunggu dan berkata dalam hati, dulu saya menunggu lebih lama dari ini tapi bisa menunggu dengan sabar. Akhirnya pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2016 saya mendapat email dari BCA yaitu offering letter. Berisi penawaran2 yang diberikan oleh BCA kepada saya serta gaji yang diberikan. Dia juga menyertakan berkas-berkas yang harus dibawa pada saat penandatanganan kontrak tanggal 8 November 2016. Jika setuju maka harap dibalas emailnya. Saya membalas emailnya pada keesokan harinya berhubung dia mengemail sudah malam sekitar jam setengah 6 (sudah mau jam pulang kantor). Akhirnya pada tanggal 8 November 2016 saya datang ke Wisma Asia 1 tepatnya lantai 21. Disana banyak sekali orang, ternyata ada proses psikotes juga yang dilakukan disitu untuk program Frontliner. Dan ada juga sesi foto untuk para pegawai yang telah ketrima sebelumnya, pegawai untuk posisi Teller dan CS. Proses penandatanganan kontrak dilakukan jam 2 dan tepat jam 2 saya bertemu dgn bapak yang dimaksudkan. Ternyata ada 3 orang teman lain yang juga melakukan penandatanganan kontrak dengan jam yang sama. Kita akhirnya berkenalan dan ternyata kita semua berada di divisi yang berbeda. 3 teman saya yang lain penempatannya di BCA GI semua. Saya cukup iri karena saya juga ingin bekerja disitu karena dekat dengan tempat saya. Tapi tidak apa-apa, selama sudah keterima di BCA saya sudah sangat senang. Ternyata hari itu tidak saja penandatanganan kontrak, melainkan ada sesi foto untuk ID Card. Akhirnya kita menunggu giliran untuk foto karena banyaknya yang sudah antri duluan. Prosesnya selesai sekitar jam setengah 4. Akhirnya kita berempat resmi bekerja di BCA dengan hari pertama kerja pada tanggal 15 November 2015 di divisi masing-masing.

Sekian cerita pengalaman saya untuk proses rekrutmen di BCA yang menjadi proses rekrutmen terlama yang pernah saya ikuti. Dari posisi Junior Business Analyst, dilempar ke posisi kredit, dan tamatan saya adalah di posisi Human Capital Management Division. Untuk teman-teman yang masih dalam proses rekrutmen dan menunggu hasil, diharapkan untuk sabar, karena selama pihak BCA belum memberikan kabar kepada kita bahwa kita tidak lolos, maka masih ada harapan kepada kita untuk bekerja di BCA. Semangat semuanya para job seekers!!

1 komentar: